Mencari sesuatu yang hilang dalam kegelapan ternyata memang sulit. Apalagi hanya berbekal lilin yang menyala merintik-rintik. Kehilangan ini membuat segalanya menjadi terasa lebih gelap. Dan hingga pada tepi batasnya terasa penat.

Celakanya, si lilin tak mau berkompromi. Ia tetap membunuh diri meski yang hilang belum kembali. Lelehan panasnya membakar seluruh jemari. Dan akhirnya lepaslah ia dari genggaman hati.

Pencarian ini tetap berlanjut. Meski kaki melangkah carut marut. Peluang terus mengerut. Tapi harapan tak pernah surut.

Tanyakan pada dirinya, apalah guna harapan tanpa peluang? Seketika dijawabnya, ia-lah yang membuatmu tetap hidup.

Benarkah? Harapan?

Siapa tahu ia bisa menggantikan lilin yang telah padam. Siapa tahu ia bisa mengembalikan apa yang telah hilang. Siapa tahu? Tak ada yang pernah tahu.

Citra wakil rakyat yang terhormat. Ya ya ya…… Inilah orang awam akan memanggilku.

Biarkan realitas yang berbicara? Mungkin aku terlalu putus asa. Atau terlalu pengecut mengakui segala dosa. Tak perlu cerdas pun pasti tahu bahwa tabiatku tak layak mulia. Jadi inilah tameng jiwaku yang lemah: BIARKAN REALITAS YANG BERBICARA

Hahahahahahaha…….. Bahkan dari dalam hati bisa kutertawakan nasibku sendiri. Semuanya adalah karena orang lain. Soal yang terlalu sulit. Standard penilaian yang terlalu rumit. Penjelasan yang terlalu berbelit-belit.

Hahahahahahaha…….. Mungkin sepaket racun SMS tebar pesona bisa menjadi pengobat atas penyakitku. Tentu saja, hatiku menjawab, karena mereka adalah para pengagumku. Mereka bahkan rela bertekuk lutut dan memenuhi segala yang aku butuh.

Hahahahahahaha…….. Dasar orang-orang bodoh. Tidakkah mereka tahu bahwa tanpa perlu bekerja keras pun aku akan bisa meraih apa yang aku inginkan. Omong kosong dengan pengorbanan. Maaf-maaf saja, aku tak pernah biasa dengan kesusahan.

Jadi, inilah peringatanku pada kalian semua: BIARKAN REALITAS YANG BERBICARA!

Rumitkah? Memang tak pernah ada yang sederhana dengan diriku Jadi, maaf-maaf saja, I’m not available for all of you guys……

So, see you in the final……